Download Trust Wallet
Home  >  Blog  >  Guides  >  Crypto Gaming: Panduan untuk Pemula
Guides

Crypto Gaming: Panduan untuk Pemula

Published on: 7 Des 2023
Share post
In Brief

Jelajahi crypto gaming: Panduan untuk pemula tentang permainan play-to-earn, NFT, dan cara mendapatkan hadiah nyata. Terhubunglah dengan Trust Wallet untuk era permainan yang baru.

Crypto Gaming: Panduan untuk Pemula

Crypto gaming telah membawa perubahan signifikan ke sektor gaming online dalam beberapa tahun terakhir. Popularitas crypto gaming sebagian besar dapat diatributkan pada model play-to-earn (P2E) industri, yang memungkinkan pemain untuk mendapatkan hadiah crypto dan menyediakan item in-game dengan kepemilikan aset yang dapat diverifikasi.

Seiring adopsi blockchain tumbuh di kalangan pengembang game, cryptocurrency memiliki potensi untuk terus membentuk sektor gaming.

Siapa pun dapat berpartisipasi dalam sektor gaming blockchain dengan mudah mengakses berbagai permainan play-to-earn melalui Trust Wallet. Artikel ini akan menjelajahi crypto gaming dan juga menyoroti beberapa permainan crypto yang dapat Anda mainkan dan hasilkan keuntungan.

Apa Itu Crypto Gaming?

Crypto gaming merujuk pada permainan online yang menggabungkan elemen kripto dan blockchain, biasanya dalam bentuk hadiah play-to-earn (P2E) yang dibayarkan dalam kripto dan kemampuan untuk memiliki aset in-game secara dapat diverifikasi sebagai NFT (Non-Fungible Token).

Kemampuan untuk mendapatkan hadiah merupakan salah satu perbedaan kunci antara crypto gaming dan gaming tradisional.

Dalam gaming tradisional, pemain tidak dapat dengan mudah menjual item in-game yang mereka peroleh di pasar terbuka. Selain itu, permainan tersebut juga sepenuhnya terpusat dan dikontrol oleh pengembang atau perusahaan yang membuat game tersebut.

Dengan crypto gaming, pemain dapat menukarkan aset digital atau token yang mereka peroleh di pasar sekunder dengan stablecoin, cryptocurrency lainnya, atau bahkan mata uang fiat.

Aspek lain yang membedakan gaming tradisional dari crypto gaming adalah desain terakhir untuk desentralisasi, dengan semua aset dan data disimpan di blockchain. Ini berarti bahwa dalam banyak kasus, pengembang game tidak bisa hanya bangun dan menutup game karena komunitas perlu memberikan suara yang sama karena banyak crypto game dikelola oleh organisasi otonom terdesentralisasi (DAO).

Di komunitas crypto gaming, para gamer juga dapat secara rutin menggunakan aset in-game yang mereka peroleh dalam permainan atau dunia virtual lain, sesuatu yang tidak dapat mereka lakukan dalam permainan tradisional. Ini membantu meningkatkan keterlibatan pengguna, menciptakan komunitas gaming yang berkembang, dan mendorong loyalitas. Selain itu, adopsi blockchain menawarkan fleksibilitas, kepemilikan, keamanan, dan transparansi bagi pengembang dan pemain.

Sebelum Anda Memulai

Sebelum kita membahas topik tentang crypto gaming, perlu dicatat bahwa Anda dapat menggunakan dompet Web3 yang aman seperti Trust Wallet untuk mengakses banyak game ini.

Trust Wallet dapat diunduh sebagai aplikasi seluler, atau Anda dapat menginstal Trust Wallet Extension untuk browser desktop Anda. Untuk panduan ini, kita akan fokus pada membuat dompet baru menggunakan aplikasi seluler Trust Wallet.

crypto_gaming_1_a372b5635b.gif

Langkah 1: Dapatkan Versi Terbaru dari Trust Wallet

Dibawah ini Anda akan melihat langkah-langkah untuk membuat dompet baru, namun Anda juga bisa dengan mudah mengimpor dompet Web3 yang sudah ada ke Trust Wallet jika itu adalah pilihan Anda.

Untuk membuat dompet baru:

crypto_gaming_2_af6e0e7f1f.avif

Munculnya Permainan NFT

Token non-fungible (NFT) adalah token kripto yang memverifikasi kepemilikan aset digital unik yang disimpan di blockchain. Meskipun NFT secara luas dikaitkan dengan seni dan koleksi, mereka juga telah masuk ke sektor gaming untuk mewakili aset dalam permainan, seperti skin.

Permainan NFT memungkinkan pemain untuk membeli, menjual, dan menukar aset dalam permainan. Selain itu, permainan NFT memungkinkan para gamer untuk menukar pendapatan dalam permainan mereka dengan para gamer lain untuk token digital atau mentransfernya ke permainan lain yang menerima NFT ini.

NFT juga memberikan para pengembang game cara baru untuk merancang dan membangun permainan yang memungkinkan pemain untuk membuat aset NFT dalam permainan, meningkatkannya, dan memperdagangkannya.

Sa'at ini, ada banyak permainan NFT yang tersedia untuk para pemain. Beberapa contoh termasuk: [Daftar contoh permainan NFT bisa dimasukkan di sini]

Axie Infinity

Axie Infinity adalah permainan NFT yang terkenal yang memungkinkan pemain bertarung, membiak, dan menukar hewan peliharaan digital yang dikenal sebagai Axies. Pemain juga dapat membiakkan Axies mereka untuk meningkatkan keterampilan mereka dan menggunakan mereka untuk bertarung melawan pemain lain untuk mendapatkan hadiah.

God's Unchained

God's Unchained adalah permainan kartu NFT yang populer dan kompetitif. Dalam permainan ini, pemain dapat mengumpulkan kartu yang dapat mereka perdagangkan di pasar God's Unchained atau pasar lainnya. Pemain dapat mengumpulkan kartu-kartu ini dengan membelinya dari orang lain atau melalui kemenangan pertandingan pemain lawan (PVP).

Illuvium Sebagai permainan blockchain interoperable (IBG), pemain Illuvium harus menjelajahi dunia digital untuk mencari monster yang tidak biasa dan langka yang dikenal sebagai Illuvials. Pemain dapat mengumpulkan dan melatih Illuvials mereka sebelum melepaskannya untuk bertarung melawan pemain lain.

NFT, mirip dengan mata uang kripto, telah meningkatkan pengalaman bermain bagi para pemain. Salah satu alasannya adalah para pemain dapat sepenuhnya memiliki aset dalam permainan yang mereka beli atau menangkan. Selain itu, aset dalam permainan ini sering kali berharga dan dapat ditukar atau dijual dengan mata uang fiat di pasar sekunder. NFT juga memungkinkan transfer dan transaksi dalam permainan yang efisien, pelacakan, transparansi, dan keamanan.

Permainan Kripto Bermain untuk Mendapatkan: Era Baru

Permainan kripto bermain untuk mendapatkan adalah permainan video online di mana para pemain mendapatkan imbalan yang memiliki nilai dunia nyata. Imbalan ini dapat berupa mata uang kripto atau NFT yang dapat diperdagangkan atau ditukarkan dengan mata uang fiat. Permainan P2E memungkinkan pemain mendapatkan bayaran untuk keahlian bermain game mereka. Oleh karena itu, model ekonomi untuk permainan kripto bermain untuk mendapatkan difokuskan pada para pemain bukan pengembang. Pemain juga dapat mendapatkan imbalan tanpa bermain dengan meletakkan aset dalam permainan mereka.

Sejak awal mereka, telah ada berbagai permainan kripto bermain untuk mendapatkan yang sukses muncul. Berikut adalah beberapa contoh permainan P2E yang dapat Anda pertimbangkan untuk dimainkan dengan menghubungkan Trust Wallet Anda.

Alien Worlds

Alien Worlds adalah permainan kripto P2E fiksi ilmiah yang mereplikasi galaksi futuristik di mana para pemain dapat bertarung, menjelajah, dan menambang di berbagai planet. Pemain juga dapat menyesuaikan dan memiliki avatar, pesawat luar angkasa, alat, dan senjata mereka yang diwakili oleh NFT. Alien Worlds memiliki tokennya sendiri, TLM, yang dapat dimenangkan oleh pemain melalui penambangan, penstakan, atau diperdagangkan untuk token lain.

The Sandbox

The Sandbox adalah permainan metaverse terkemuka di mana pemain dapat membuat aset digital sebagai NFT dan menjualnya di pasar The Sandbox. Pemain juga dapat membuat pengalaman 3D mereka sendiri dan memonetisasi mereka. The Sandbox didukung oleh token aslinya, SAND, yang digunakan untuk membeli dan menjual aset, NFT LAND, dan layanan dalam permainan.

Splinterlands

Permainan P2E lain yang sukses adalah Splinterlands, permainan kartu fantasi bermain untuk mendapatkan yang mencampur elemen permainan kartu koleksi (CCG) dan permainan kartu perdagangan (TCG). Di Splinterlands, para gamer dapat mengumpulkan, bertarung, dan berdagang dengan menggunakan ratusan kartu unik dengan berbagai kemampuan. Token DEC digunakan sebagai token utilitas di Splinterlands, sementara token SPS digunakan sebagai token pengaturan.

Kesimpulan Sebagai tren yang muncul, sektor permainan kripto masih terus berkembang. Meskipun telah menyajikan cara unik bagi pemain untuk bermain game yang mereka cintai dan mendapatkan dari itu, masih banyak hal yang harus dilakukan untuk mencapai adopsi massal.

Namun, para pemain kripto juga dapat menikmati permainan Web3 dengan mudah dengan masuk ke permainan dan menghubungkan Trust Wallet mereka. Dan seiring dengan terus berkembangnya mata uang kripto dan NFT, kita hanya dapat mengantisipasi bagaimana evolusi mereka akan terus mengubah industri permainan global.

Pertanyaan yang Sering Diajukan

Apa itu Permainan Kripto?

Permainan kripto menggabungkan teknologi blockchain dengan permainan online, memungkinkan pemain untuk mendapatkan cryptocurrency dan memiliki aset dalam permainan berbasis NFT.

Bagaimana Cara Permainan Bermain untuk Mendapatkan Bekerja?

Dalam permainan bermain untuk mendapatkan, pemain dapat mendapatkan imbalan nilai dunia nyata, seperti mata uang kripto atau NFT, yang dapat diperdagangkan atau dijual.

Apa itu NFT dalam Permainan?

NFT dalam permainan adalah aset digital unik yang mewakili item dalam permainan, memungkinkan pemain untuk memiliki, membeli, menjual, atau menukarkan aset tersebut di berbagai platform.

Dapatkah Saya Bermain Permainan Kripto dengan Trust Wallet?

Ya, Anda dapat dengan mudah mengakses dan bermain berbagai permainan kripto dengan menghubungkan Trust Wallet Anda, memungkinkan pengalaman bermain yang aman dan lancar.

Simple and convenient
to use, seamless to explore

Download Trust Wallet